Pengertian dan Fungsi Menu BIOS - BLOG NGOPREX
MASIGNCLEAN101

Pengertian dan Fungsi Menu BIOS

http://blogngoprex.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-dan-fungsi-menu-bios.html

Kali ini saya akan membahas tentang BIOS, simak lebih lanjut dibawah ini!

BIOS
BIOS singkatan dari Basic Input Output System. BIOS adalah suatu kode program yang berjalan pada saat komputer pertama kali dinyalakan (Booting). BIOS ini berfungsi untuk mengidentifikasi atau mengenali semua perangkat keras (Hardware) yang terpasang pada komputer tersebut, dan juga untuk mengatur jalannya setiap hardware yang terpasang pada komputer tersebut.

Untuk masuk ke prorgram BIOS bisa menekan pada tombol tertentu pada saat komputer booting, contohnya ada “Del”, “F2”, “F12” dan lainnya tergantung merek komputer dan pengaturan komputer tersebut, karena tiap komputer berbeda cara masuk ke BIOS nya. BIOS ada banyak mereknya, contohnya seperti AMI BIOS, AWARD BIOS, PHOENIX BIOS, dll.   

PENJELASAN 3 MENU PADA BIOS

Disini saya akan menjelaskan 3 menu pada BIOS yang ada di laptop saya. BIOS pada laptop saya mereknya yaitu InsydeH20 Setup Utility Rev.3.7 . Untuk masuk ke BIOS saya disini menggunakan tomnol “F2” pada saat komputer booting. Berikut adalah 3 penjelasan mengenai menu-menu pada BIOSnya :

Menu “MAIN” pada BIOS 
Gambar.1  menu MAIN

Dari menu “MAIN” ini, kita bisa mengetahui waktu berdasarkan sistem di komputer kita (System Time, System Date), dan di menu ini juga kita bisa mengetahui kapasitas memory RAM, tipe CPU, kecepatan CPU, merek Storage (HDD/SSD). Dan juga bisa mengubah bahasa pada BIOS. Untuk gambar diatas itu adalah spesifikasi pada laptop saya.

Menu “SECURITY” Pada BIOS
Gambar.2  menu SECURITY

Pada menu “SECURITY” ini, kita dapat memberikan password pada BIOS (User dan Supervisor) dan juga dapat memberikan password pada HDD/SSD.

Menu “BOOT” Pada BIOS
Gambar.3  Menu BOOT

Pada menu “BOOT” ini, kita dapat menentukan urutan Boot melalui Hardware, misalnya kita ingin melakukan booting malalui CD-ROM, jadi kita letakkan CD-ROM tersebut ke Priority pertama (Di urutan pertama).

Sebagai contoh kita akan melakukan instalasi ulang sistem operasi dengan menggunakan media flashdisk, maka di BIOS pada menu “BOOT” akan terdeteksi flashdisk tersebut yaitu di “USB”, kemudian pindahkan “USB” ke urutan pertama supaya booting dari falshdisk tersebut.

Selesai..

Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat..
Silahkan komentar jika ada pertanyaan.
Share This :
Muh Riza Faizal
Silahkan beri komentar yang membangun buat penulis.
notifications_active Notification
Blog ini membahas seputar konfigurasi jaringan, server dan lainnya yang berhubungan dengan teknologi dan komputer.
Done