Konfigurasi SSH-Server (Remote) Di Linux Debian 7 Server - BLOG NGOPREX
MASIGNCLEAN101

Konfigurasi SSH-Server (Remote) Di Linux Debian 7 Server

http://blogngoprex.blogspot.co.id/2017/10/konfigurasi-ssh-server-remote-di-linux.html

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting cara instalasi SSH-Server pada Linux Debian 7 Server. Postingan ini masih berlanjut dengan postingan sebelumnya, untuk melihat postingan berikutnya bisa klik tautan berikut :

Jenis-jenis Mode Jaringan di VirtualBox
Instalasi Linux debian 7 dengan mode Teks (CLI)
Konfigurasi IP Address Static dan Dynamic
Konfigurasi DNS Pada Linux Debian 7 server 

SSH (Secure Shell) adalah sebuah jaringan protocol kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masin. (source: Wikipedia).

Berikut cara konfigurasi SSH-Server pada Linux debian 7 Server :

Pertama, pastikan CD Debian 7 sudah terpasang, Jika sudah berikut adalah perintah untuk menginstall paket SSH pada linux debian 7 :

apt-get install openssh-server

Maka SSH-Server sudah terpasang, sudah bisa digunakan, tetapi anda bisa merubah port ssh. Port default ssh yaitu 22. Untuk merubah port berikut perintahnya :

# nano /etc/ssh/sshd_config



Gambar.1  Konfigurasi file sshd_config

Dapat dilihat pada baris perintah terdapat port 22, jika ingin merubah atau menambahkannya anda tinggal ubah atau tambahkan disana. Lihat gambar diatas.

Berikutnya akan mencoba me-remote linux debian 7 menggunakan Putty di windows.
Pastikan mode jaringan pada virtualbox adalah Host-Only Network. Dan mengkonfigurasi ip address pada ethernet virtualbox di windows dan sudah dapat terhubung dengan linux debian 7 server di virtualbox.

Buka aplikasi Putty di windows. Download disini!



Gambar.2  Atur PuTTY

Masukan ip address sesuai dengan ip address di server. Untuk port karena kita menggunakan port default ssh yaitu port 22. Lihat gambar diatas.

Jika terdapat peringatan klik saja Yes . Maka putty sudah me-remote ke linux debian 7 server. Disini tinggal masukan login dan password, lakukan seperti anda berada di linux debian 7 server.


Gambar.3  Login dengan user di server


Gambar.4  Setelah login


Login dengan root dan password.


Mungkin cukup sekian yang dapat saya jelaskan mengenai Konfigurasi SSH-Server pada Linux Debian 7 Server. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca :)
Jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah.

Share This :
Muh Riza Faizal
Silahkan beri komentar yang membangun buat penulis.
notifications_active Notification
Blog ini membahas seputar konfigurasi jaringan, server dan lainnya yang berhubungan dengan teknologi dan komputer.
Done